h1

Pakem-Pakem Hot Rod

Desember 23, 2009

Modifikasi tanpa batas. Ya, itulah yang biasanya dilakukan oleh builder-builder di dunia Hot Rod. Pengkotak-kotakan hasil kreasi justru akan membatasi ruang gerak dan kreatifitas para builder. Meski demikian, Hot Rod sendiri memiliki beberapa aliran. Tinggal dipilih aliran mana yang akan menjadi acuan, dan implementasikan di besutan kebanggaan. Berikut beberapa pakem yang cukup populer di antaranya.

Lead Sled

Sebenarnya ini merupakan bahasa slank untuk mobil-mobil custom era 50-an. Kata ini biasa digunakan oleh para Hot rodder untuk mengungkapkan mobil yang terlihat berat, pelan, dan kadang-kadang  memiliki konstruksi yang sedikit nyeleneh. Biasanya beberapa bagian mobil terutama di depan mengalami modifikasi untuk memberikan kesan lebar, beberapa extra moulding yang di shaved dan sistem suspensi yang dipendekkan. Namun beberapa tahun belakangan kata Lead Sled sudah sedikit berkurang gaungnya. Sebab beberapa modifikator lebih memilih untuk mengembalikan bentuk bodi standar dengan kaca yang dipangkas. Meski demikian, pakem ini masih tetap dipertahankan oleh beberapa penganutnya. Mobil-mobil yang mengadopsi Lead Sled sebagai agama  biasanya adalah Mercury dan Ford buatan tahun 1949 serta  Cadillac 1959. Bahkan tidak tertutup kemungkinan merek-merek lain seperti Volkswagen juga mengaplikasi Lead Sled

Rat Rod

Seperti pernah kami ungkapkan pada beberapa edisi yang lalu, Rat Rod adalah aksi penolakan atas mobil-mobil hot rod yang membutuhkan extra budget, spare part mahal dan kilauan cat kelas atas. Bodi mobil penganut faham ini biasanya lebih rendah dari sasis, ruang mesin yang terekspos, white wall berdimensi raksasa, atap rendah hingga flat pain. Mobil-mobil rat rod acapkali dihasilkan oleh seniman-seniman dengan cita rasa yang tinggi. Mereka tidak akan peduli mobilnya dinilai jelek oleh orang lain. Kepuasan dalam membangun mobil merupakan prioritas utama. Untuk menekan budget, mereka kerap menggunakan komponen-komponen milik mobil lain dan dimodifikasi dengan berbagai cara agar serasi dengan tampilan besutannya. Mobil-mobil Rat Rod biasanya adalah coupe atau roadster lansiran tahun 1920 sampai 1950.

Kustom

Kustom atau Kustom Kar adalah ejaan alternatif dari Custom Car yang dipopulerkan oleh builder kenamaan, entrepeneur, dan showman bernama George Barris. Pria ini juga sempat beberapa kali membuat mobil-mobil yang digunakan oleh Batman, DB5 milik James Bond dan Munster Coach alias mobil berbentuk peti mati milikHerman Munster di film The Adams Family. Istilah Kustom Kar pertama kali ngetop saat pop culture serta kustom kulture booming di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Mobil-mobil yang masuk dalam kategori ini biasanya mobil-mobil penumpang dengan mesin dan sistem transmisi yang telah diganti untuk menghasilkan performa yang lebih tinggi. Desain luarnya juga telah dimodifikasi sedemikian rupa guna menghasilkan tampilan yang unik untuk membedakan dengan mobil-mobil keluaran pabrik.

Street Rod

Ini adalah salah satu cabang yang sangat popular dalam agama Hot Rod. Biasanya mobil-mobil yang bernaung di bawah paying street rod memadukan beberapa unsure. Mulai dari hot rod, custom, dan mobil-mobil Detroit masa kini. Para buildernya juga lebih memperhatikan penampilan lewat laburan warna-warna custom high-end, lapisan kulit mewah di kabin, mesin modern hingga sistem transmisi canggih. Aliran yang lebih family oriented lantaran mobil-mobilnya yang nyaman dikendarai tersebut mulai marak pasca krisis minyak di Negara Paman Sam pada tahun 1973. Bahkan kini Street Rod telah memiliki lembaga tersendiri berjuluk NSRA (National Street Rod Association). Setiap gelaran yang dihajat oleh NSRA memiliki Safety Inspection Team yang akan menilai 23 point keamanan sesuai dengan State Safety Inspection Require.

Tinggalkan komentar