h1

Honda CB350: Nafas Cafe Racer Sejati

November 26, 2010

Zach O’Brien menebus CB350 lansiran 1971 nya hanya dengan uang sebesar $ 400. Namun setelah mencurahkan segenap perhatiannya dan memberikan pulasan, sepertinya motor ini tidak akan dilepasnya meski ditawar orang hingga $ 4000. Pasalnya, Zach sendiri telah membangun beberapa unit sepeda motor, tetapi yang satu ini menjadi favorit tidak hanya bagi dirinya, namun juga istrinya dan anak-anaknya. Mereka semua, termasuk anak perempuan Zach juga urun rembu saat membangun motor berkelir merah ini.

Setelah menebus sang CB, Zach membawanya pulang dan kemudian memutilasi beberapa bagian tubuhnya. “Saya langsung mengeksekusi dan memotong sebanyak yang aku bisa. ” Setelah itu dia menjual sebagian besar komponen CB350 dan mendapatkan $ 400 nya kembali. Hampir setiap komponen sisanya dicat ulang, powdercoated atau lapisi dengan chrome.

Zach melepas aki, rumah aki, dan memanfaatkan kembali kabel-kabel dan diurut ulang serta diposisikan di kolong jok agar tampilannya terlihat lebih bersih dan rapih. “Saya suka tampilan melompong di antara ban belakang dengan mesin. Saya hanya ingin semua mengalir mulai dari lampu depan, ke tangki hingga buritan. Seperti layaknya tampilan café racer sejati. Makanya saya menebus chopper headlight berdimensi lebih kecil dan mengikatnya ke segitiga setang,” jelas Zach.

Agar serasi dengan bentuk café racer, Zach membangun ulang shock depan, memotong bagian samping cover fork serta memangkas fender supaya menyiratkan kesan kekar dan serasi dengan desain jok replica. Kesan minimalis juga terdongkrak setelah Zack membuang speedometer, memasang tachometer dan memadukannya dengan setang clubman yang hanya berisikan throttle, levers dan tombol untuk mematikan mesin. Sistem saluran pembuangan gasnya sendiri masih mengadopsi bawaan pabrik dan hanya memotong bagian silencernya. There’s no rocket science here, just a bare bones racer look. And it works. Just the essentials, and nothing more.

Tinggalkan komentar